ES DUA (Pascasarjana) Pengalaman Menjadi MAHASISWA S2

Hai guys....
Hari ini gua berfikiran untuk menulis tentang perkuliahan...
beberapa hari lalu gua sibuk bacain bukunya si Alit, "SKRIPSHIT" yang di dalamnya banyak cerita huru-hara Alit dalam menyelesaikan kuliahnya...
nah gua berfikir juga untuk menuliskan tentang kuliah gau.... tapi ini di S2... iya gua S2.. gua juga g tau kenapa gua bisa masuk kuliah di ES DUA.....bahkan bapak gua yang biayain gua juga gak tau kenapa dia mau biayain gua kuliah di ES DUWA.

Gua sering merenung, flashback ke masa-masa lalu saat di S1... gua ngeliat romobongan mahasiswa yang udah berumur "sebut aja TUA" sering nangkring di kantin Mami, depan kampus gua. Baju mereka rapi, beda banget sama kami anak-anak S1 jaman itu.. kaos oblong, sendal jepit, tas usang dan rambut gondrong dengan kutu kemana-mana. Saat itu gua dan teman gua si Dhika, suka saling pandang-pandangan, bukan karena gua maho, atau si Dhika itu bajingan, tapi karena kita saling ngobrol lewat pandangan.

Dhika memandang gua sambil diam, dan seolah berkata:
"Ris, cadas abies ni mas-mas, rapi gila, pasti mereka anak Pascasarjana deh, liat tuh jam tangan nya bermerek semua, sepatu kulit mengkilap, dan mbak-mbak disampingnya juga mirip Maria Ozawa, cantik banget Riz, Gua pastiin habis ini gua bakal lanjutkan kuliah, Gua harus masuk ES DUA"

gua gak mau kalah, gua plototin matanya Dhika dan seolah gua berkata:
"Dik Sales panci sebelah lo gaya amat pake jam tangan tiruan, itu embak-embak juga dandan menor abis, ni mau kuliah apa atraksi kuda lumping"

Bagi Dhika yang sangat Obsesi dengan perkuliahan di S2, maka dia bakal mengagung-agungkan anak-anak berpakaian rapi, yang pake tas Accer kemana-mana, ntah isi nya laptop ntah kripik singkong gua jg gak ngerti, Dhika emang anak yang rajin dan benar-benar suka berhayal suatu saat dia harus kuliah di Paris.....emang sih ini salah gua, maksa dia nonton laskar pelangi di XXI... 

Bagi gua, mas-mas pakaian rapi, baju masuk kedalam, sepatu mengkilap, rambut di kasih gel biar mengkilat kayak anouncer ring tinju, gak lebih dari orang yang mau ikutin trend berpakaian orang kepepet yang sedang dimainin otaknya karena dapat email untuk interview kerja.... Baju dadakan yang kebesaran, celana bahan kepanjangan, di paksain pula bajunya masuk kedalam dengan ikat pinggang tali warna putih, muka kucel gak karuan dan pake gel merek Rudy Hadisuwarno, parfum bibitan dan tas accer berisi folio buat bungkusan panci dagangan.

balik ke Inti masalah....singkat cerita kelulusan gua dan Dhika udah di depan mata, gua lulus S1 Hukum bulan April 2011, sedangkan Dhika lulus 1 Tahun lebih awal dari gua. Ok gak masalah, gua bukan bego, tapi gua nungguin temen-temen gua yang lain biar wisuda bareng...."nyatanya temen gua sampe skrang belum lulus2 juga" MAU JADI APA?

Disaat kelulusan ini lah, kebimbangan melanda gua dan ribuan calon wisudawan lainnya.....HABIS INI KITA NGAPAIN?

pertanyaan ini muter-muter di kepala gua.....gua mencoba ngebanding-bandingkan saat kuliah dan saat sudah g kuliah nanti, hasilnya seperti ini:

Saat Kuliah:
Sebutan: Mahasiswa, kalo deketin anak SMA, gampang banget....
Alissa: "ih akyu lg pedekate ama mahasiswa loh"
Dara : "SUpeh lo, anak mana cin?"
yah begitulah, anak SMA selalu over ketika dideketin ama anak kuliahan, gua gak ngerti ini berkembang sejak jaman apa.

Perekonomian: Jelas uang saku bulanan+uang kos+uang buku+uang tiket nonton+uang londry+uang lainnya akan masuk secara teratur ke dompet lu dari orang tua tercinta. Jadi lo gak usah takut kelaperan, yang pentin pulsa telpon lu masih ada buat nelpon ortu pas tanggal tua.

Sosialitas: Jaman kuliah gak di pungkiri lagi yah lo bakal punya banyak teman, dari sabang-sampe marauke, bejibun dan tak terbatas selagi lu gak KUPER aja, oh satu lagi, selagi lo gau BAU BADAN ATAU BAU MULUT....temen lu pasti bakal banyak....oh ya satu lagi lu juga harus eksis di kegiatan kuliah,...hmmm ah pokoknya kalo lu Anti sosial ya susah.

Jadwal Hidup: Nah jaman kuliah lo bakal inget sama yang namanya JADWAL MATA PELAJARAN senin sampe Jumat, dan itu teratur di barengi dengan kegiatan ekstra kampus lainnya, hal ini akan membuat kita sibuk dan gak ngerasa kesepian di kosan sendirian kayak gorengan mateng tapi kagak di makan-makan.

Sekarang bandingin kehidupan setelah kelulusan

Sebutan: PENGANGGURAN, mau lu udah ada gelar mentereng di belakang nama lu itu, sekali disebut pengangguran lu ya tetep pengangguran bro. kayak gua ne. Nama udah nambah. Muhammad Rizki Maulana,SH. Dulu gua kira dengan nunjukin gelar gua SH ini, gua bisa lolos dari kejaran polisi lalulintas, tapi kenyataannya beda gua pernah di marahin di maki-maki sama polantas gara-gara ban motor gua bablas 1 mm dari marka yang ditentukan.
"mas Surat-suratnya mana?"
"ehh... hmm ini pak, salah saya apa ya?"
"Mas ikut ke pos aja, nanti saya jelaskan" sambil ngambil SIM gua dan dipaksa ke pos
sesampainya di pos gua di ajak ke belakang, tempat yang gelap-gelap....hmm dalma batin gua, ini nih modusnya...yang kayak gua liat-liat di acara investigasi....gua bakal di desak trus diminta uang damai...hhehehe gua udah tau ini urutannya....
"mas, anda melewati marka di lampu merah tadi, apakah anda sadar kesalahan anda?"
"hmm loh saya berenti pak pas lampu merah, saya rasa gak melewati marka"
"Maaf mas, ban and amelewati marka 1mm, itu pelanggaran lalu lintas"
(buset 1 mm itu segede apa sih?? kenapa dia yang berjarak 20 m dari ban gua bisa meratiin itu ban? ternyata memang bener kata orang, mata seorang polisi lalulintas akan semakin tajam seiring mendekati akhir tanggal di kalender.
"ok pak saya ngerti saya melanggar marka"
"baik, bisa lihat identitasnya?"
gua kasih lah itu KTM (kartu mahasiswa) gua karena gw g bawa KTP, kemaren gua jadiin jaminan buat pinjem komik.
"anda mahasiswa hukum? Anda sarjana Hukum ternyata...anda ini tidak tahu aturan atau bagai mana mas? itu lampu merah bla bla bla bla bla" gua di maki-maki sejadi-jadinya..gua pikir kenapa dia jd sewot gitu ya..heran gua....setelah hampir 5 menit tu orang maki-maki gua...akhirnya dia ngeluarin JIMAT PAMUNGKAS NYA......selembar kertas berisi undang-undang.....
"Mas anda baca pasal ini, dengan ini anda dikenakan denda 500ribu rupiah, dan anda bayar secra langsung ke bank ini sesuai tulisan ini anda paham?"
"500ribu pak? jah yang benar aja, melanggar maraka segitu 500rb, saya tau pak undang-undangnya baru aja di berlakuin tapi itu masih di Jakarta sana, Semarang belum memberlakukan yang begini-begini"
si polisi semakin naek darah, karena ngerasa gua ceramahin...akhirnya di geprak meja BRUAKKKKKK
"kamu sarjana hukum tapi gak tau aturan maen, bla bla bla bla..........." ceramah lagi dia
"sudah pak kasih saya surat tilang nanti saya ikut sidang aja".................tentong......... si polisi langsung merasa sedih karena gua minta disidang aja ....artinya dia gak bisa dong minta uang damai ke gua? hahahaah
perlu temen-temen ketahui ikut sidang itu mudah, murah,efektif. datang, lihat nomor antrian, di ketok palu atas pelanggaran, bayar uang denda, SIM pun balik. 
Selain sial sama polisi, gelar pengangguran yang melekat di kita akan membuat kita seret jodoh.....pacaran 3 tahun, udah serius, sekali ketemu orang tuanya "mas nya kerja diamana?" okee pertanyaan SETAN....."saya belum kerja bu lagi cari-cari ini"...muka ibu yang tadinya baek di awal-awal..berubah jadi mami-mami grandong...sambil bilang "OH MAAF MAS ANAK SAYA SUDAH SOLD OUT" damn.......................perkara gelar doang men....gelar doank...sama pekerjaan juga sih ya.

Perekonomian: Lu tau kebanyakan orang tua bakal ngomong gini ke anak nya yang sudah lulus "nak, segera cari pekerjaan ya, bapak mau biayain adek-adek mu, sekarang bapak stop uang bulanan untuk kamu yah, bapak kirim sedikit aja" artinya adalah....lo bakal kehilangan UANG LONDRY, UANG NONTON XXI, UANG JAJANIN CILOK BUAT ANAK-ANAK SMA ..... artinya mulai dari sekarang lo harus cari uang sendiri.......pengangguran? cari uang? artinya lo ngejomblo aja deh..atau cari pacar tu tante-tante kaya...bisa dah idup tenang..tu juga kalo tampang lo berkelas kayak Brad Pitt. Kalo ga? ya jomblo aja lebih manusiawi.

Sosialitas: setelah lulus, dan resmi jadi pengangguran maka kadar sosialitas lo bakal turun drastis, teman berkurang karena pada balik kampung dan bekerja, teman paling akrab mentok-mentok juga tokek di atas kamar gua yang hampir tiap malam numpang berak di kasur gua. Rokok 1 bungkus gak habis, karena tokek dikasih gratis pun gak mau nerima. Ada cewek cantik lewat depan kita ....."Asem...cantik banget men gila bodinya" tapi lagi-lagi tokek mana mau dengerin. Napsu aja gak dia liat cewek bohai..intinya kita sendirian ...dan kita galau saat-saat ini.

Jadwal Kehidupan: Kalau gua dulu nya di kampus udah terjadwal hidupnya, bangun pagi ada kuliah Teori Penelitian Huku, agak siangan dikit ada kuliah Filsafat Hukum, agak sorean dikit ada kegiatan kampus Forum Diskusi Hukum, agak malaman dikit....gua dihukum ama ibu Kos karena udah telat 2 bulan bayar kosan. Kehidupan makin gak jelas setelah kita lulus kuliah, depan laptop..biasanya garap tugas..sekarang mampus-mampusan nonton girlband korea..bandingin muka personel satu-satu...mencoba ngapalin nama-nama mereka...yang rata-rata mukanya sama..karena terbuat dari bahan ember yang sama. (PLASTIK)

menimbang segala hal yang gak bakal sanggup gua tempuh ini, akhirnya gua putuskan untuk giat belajar setelah wisuda gua di bulan April itu....Dhika beberapa minggu setelah kelulusan udah ngabarin gua kalau dia udah diterima di S2 Planologi, buset....dan Dhika juga mendaftar lagi di S1 Sastra..damn...gua ga bisa bayangin ntar kalo dia lulus semua itu kuliah....nama dia bakal sepanjang apa?..... Bulan maret akhirnya gua daftar tes Magister Kenotariatan, dengan semngat membara gua datang ke kampus, dan tentunya penampilan gua samain deh dengan sales panci yang gua hina-dina tadi....sekarang apa yang gua omongin malah gua lakuin..bener-bener AMAZING....
Tes Kenotariatan di bagi jadi 2 gelombang, karena gua tahajud nya kenceng, terus sholat gak putus-putus serta doa gua yang g ada mati nya....akhirnya gelombang 1 gua lulus dan secara resmi gua terdaftar menjadi seorang mahasiswa S2..."kaca mata hitam senyum manis dan siap berjalan sedikit ngangkang karena gua S2"
Perjalanan gua bakal di mulai sejak hari itu.....hari dimana semua pandangan gua tentang S2 berubah 100%..

Gerombolan mahasiswa berdandan ala sales panci kreditan, yang dulu gua maki-maki di kantin, sekarang berubah....karena gua yakin sekarang gua sedang dimaki-maki anak S1 di kantin..................DAMN..........




Komentar

  1. Gile lu ndro... cerita lu nginspirasi gue banget... :D wkwkwkw

    BalasHapus
  2. hahahaha.. kocak banget.. smangat dah.. :))

    BalasHapus
  3. wah thengkiyu gan udah pada mampir

    yang terinspirasi ayo langsung aja daftar kuliah lagi hehhee

    BalasHapus
  4. saya juga ambil es dua lagi, walopun setahun nganggur mondar mandir ternyata bikin capek sendiri, emang sih enjoy awal-awalnya tapi ya gitu deh bosen juga.. semangat kuliah masih membaraaaaa.. besok saya masuk, mahasiswa lagi :)

    BalasHapus
  5. besok kalau udah punya anak,,udah kerja pasti malu dehhh pakai celana jeans pensil ketat ketat gitu sambil nenteng tas pakai topi apalagi pakai behel,,,soalnya dari cara berpakaian bisa mencerminkan kedewasaan..pegang kata kataa ku ini ya,,bsok kalau penulis usia dewasa matang pastti pakainnya rapi kayak tukang panci.wakkakakakkakak....pengalamanku

    BalasHapus
  6. TS gw juga lagi semangat membara ini buat jdi mahasiswa lagi s2,,mudah mudahan gak putus dijalan...amien....soalnya gw hafal ma sifat gw sndiri,,,,di awal awalan aja semangat dan rajin rajinnya,,nanti pasti di tengah tengah malas....mudah mudahan jangan kayak gitu ya allah

    BalasHapus
  7. semangka, eh, semangat!! aku juga baru daftar s2. tapi kadang juga takut mikirin tesis,, skripshit aja males banget ngerjainnya. ah, whatever.. semoga lancar... amin

    BalasHapus
  8. semangka, eh, semangat!! aku juga baru daftar s2. tapi kadang juga takut mikirin tesis,, skripshit aja males banget ngerjainnya. ah, whatever.. semoga lancar... amin

    BalasHapus
  9. Insyaallah ane skrng semester 6 mngkin 2 smester atau 3 atau 4 mungkin ane tamat gan, ya rencana sih pengen nyari kerja + daftar lanjutin kuliah s2, itu udH ane omongin sama org tua juga, dan alhmdullilah mereka ngedukung gan, nh klo boleh tau biaya kuliah s2 itu brp y gan dari awal kuliah sampai wisuda? Mohon d kasi pencerahannya gan ane,

    BalasHapus
  10. Insyaallah ane skrng semester 6 mngkin 2 smester atau 3 atau 4 mungkin ane tamat gan, ya rencana sih pengen nyari kerja + daftar lanjutin kuliah s2, itu udH ane omongin sama org tua juga, dan alhmdullilah mereka ngedukung gan, nh klo boleh tau biaya kuliah s2 itu brp y gan dari awal kuliah sampai wisuda? Mohon d kasi pencerahannya gan ane,

    BalasHapus
  11. Insyaallah ane skrng semester 6 mngkin 2 smester atau 3 atau 4 mungkin ane tamat gan, ya rencana sih pengen nyari kerja + daftar lanjutin kuliah s2, itu udH ane omongin sama org tua juga, dan alhmdullilah mereka ngedukung gan, nh klo boleh tau biaya kuliah s2 itu brp y gan dari awal kuliah sampai wisuda? Mohon d kasi pencerahannya gan ane,

    BalasHapus
  12. Ada baiknya kelar s1 langsung lanjut s2 biar penyakit malasnya tdk sempat mampir...sy br mau lanjut ke S2 setelah 13 thn S1 ...otak rasanya sudah membeku

    BalasHapus
  13. Ada baiknya kelar s1 langsung lanjut s2 biar penyakit malasnya tdk sempat mampir...sy br mau lanjut ke S2 setelah 13 thn S1 ...otak rasanya sudah membeku

    BalasHapus
  14. Setelah s duwa nih gan apa yang akan terjadi?

    BalasHapus
  15. Setelah s duwa nih gan apa yang akan terjadi?

    BalasHapus
  16. Pengalaman yg seru dan kocak yaa. Salam kenal. Saya juga mahasiswa S2 yang sedang mengerjakan tesis yg membosankan :(

    BalasHapus
  17. Halo maaf karena blog saya hampir tidak pernah saya pegang beberapa tahun terahir.... dan ternyata masih ada yang baca setelah saya tau ada email dari Nona Kwon......

    Saat ini saya sudah jadi Notaris dan mungkin blog ini tidak akan di aktifkan kembali..... terimakasih atas luangan waktunya membaca blog ini hehehe

    BalasHapus
  18. sambil baca sambil Pengin nimpuk yg nulis 😆 kocak bed dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whehee baru sadar kalau masih ada yang baca.. Ayo timpukin saya mbak silakan silakaaannnn

      Hapus
  19. Bolehkah mahasiswa S1 ambil jurusan dan fak yg berbeda saat mdftr S2 kelak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chapter One

Muda Berkarya